cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
nataliarosalinarawa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jipcb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 23555106     EISSN : 26206641     DOI : https://doi.org/10.38048/jipcb
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan luar biasa.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2022)" : 20 Documents clear
RENDAHNYA LITERASI SAINS: FAKTOR PENYEBAB DAN ALTERNATIF SOLUSINYA I Ketut Suparya; I Wayan Suastra; Ida Bagus Putu Arnyana
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.674 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.580

Abstract

Pola pikir dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar sepatutnya dimulai dari pendidik untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penyebab rendahnya literasi sains siswa sekolah dasar, 2) untuk mendeskripsikan alternatif solusi peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa studi kepustakaan. Hasil dari analisis yang dilakukan didapatkan bahwa faktor penyebab rendahnya literasi sains siswa adalah: a) penggunaan buku ajar yang belum tepat, b) miskonsepsi siswa, c) pembelajaran yang tidak kontekstual, d) rendahnya kemampuan membaca, e) lingkungan dan iklim belajar, f) infrastruktur sekolah, g) sumber daya manusia, h) manajemen sekolah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemangku kebijakan dalam proses perbaikan literasi sains siswa untuk menjawab tantangan dari survey PISA dan TIMSS, begitu pun pada peningkatan hasil belajar IPA siswa. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah sebagai solusi dalam meningkatkan hasil belajar IPA antara lain sebagai berikut: a) gerakan literasi sekolah, b) memberikan dana bantuan operasional sekolah, c) transformasi kepemimpinan sekolah, d) meningkatkan kompetensi guru, e) memperbaiki kurikulum, f) memperbaiki buku ajar, g) mengadakan asesmen kompetensi minimum, h) penggunaan platform digital.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS DAN LITERASI DIGITAL SISWA SD I Putu Suardipa; Ida Bagus Putrayasa; I Komang Wahyu Wiguna
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.534 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran terhadap Literasi digital dan Literasi Baca Tulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VI SD Gerokgak-Buleleng yang berjumlah 112 siswa, dan sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang di. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam Literasi digital antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dan siswa yang mengikuti model konvensional, (dengan F= 11,331; taraf signifikansi 0,001<0,05); (2) Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam Kemampuan Literasi Baca Tulis antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dan siswa yang mengikuti model konvensional (dengan F= 22,749; taraf signifikansi 0,000<0,05); (3) Dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan dalam Literasi digital dan Kemampuan Literasi Baca Tulis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dan siswa yang mengikuti model konvensional (F= 14,550 taraf sig 0,000< 0,05).
RELEVANSI MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TERHADAP KURIKULUM 2013 Aida Azizah; Nurul Firdaus
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.178 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku teks Bahasa Indonesia kelas XII SMA ini sesuai dengan standar aspek materi yang meliputi akurat atau tepat, terbaru, serta sesuai dengan konteks dan kemampuan berpikir siswa yang terdapat dalam kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif . subjek dari penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia kelas XII SMA edisi revisi tahun 2018. Metode penelitian ini yakni metode dokumentasi yang diwujudkan dalam bentuk kata-kata, kalimat, dan materi dalam buku teks Bahasa Indoensia kelas XII SMA edisi revisi tahun 2018 terhadap kurikulum 2013. Dalam buku teks tersajikan sebanyak 6 materi yang relevan dan 2 pokok pembahasan mengenai ke akuratan, keterbaruan buku yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Hasil dari analisis data penelitian ini yaitu menghasilkan kerelevansian atau kesesuaian dan standart pada kurikulum 2013 yang meliputi kompetensi inti dan kompetenai standar, kompetensi ini yang diambil adalah pada point 3, dan kompetensi dasar pada masing-masing materi yang meliputi surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah/novel sejarah, teks editorial, novel, artikel, dan kritik atau esai.Kata Kunci: materi buku teks, kurikulum 2013
IMPLEMENTASI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD Ni Putu Sri Wahyuni; Ni Luh Gede Karang Widiastuti; I Gusti Ngurah Santika
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.019 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.633

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan rendahnya kemampuan berpikiri kritis siswa kelas V Sekolah Dasar Dwijendra Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui implementasi metode examples non examples dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Dwijendra Denpasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diadopsi dari Kurt Lewin 2011. Secara ringkas, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dwijendra Denpasar dengan jumlah siswa 39 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data, yaitu test keterampilan berpikir kritis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 15,39% dari 61,53% pada siklus I kriteria cukup aktif menjadi 76,92% kriteria aktif pada siklus II menjadi 87,17%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan, bahwa implementasi metode examples non examples dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SISWA SMK Rubiyati; Luthfiyah Nurlaela; Tri Rijanto
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.903 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan video tutorial dalam meningkatkan hasil belajar kinerja siswa SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Rancangan penelitian yang dilakukan yakni Posttest only control group design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik di Jurusan Tata Kecantikan kelas XII di SMKN 8 Surabaya. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI KC1 sebagai subjek kelas eksperimen 2 sebanyak 30 orang dan peserta didik dari kelas XI KC2 sebagai subjek kelas Eksperimen 1 sebanyak 33 orang. Data hasil belajar diperoleh melalui lembar penilaian kinerja peserta didik. Efektifitas pemanfaatan media video dilakukan dengan mengolah data yang diperoleh dari field trial evaluation, kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t. Pengolahan data tersebut untuk mengetahui tanggapan peserta didik apakah ada perbedaan pembelajaran penataan sanggul kreatif antara kelompok pembelajaran dengan menggunakan media video tutorial dengan kelompok yang menggunakan media powerpoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang dicapai antara peserta didik yang diajar dengan media powerpoint dan video tutorial. kelas eksperimen 1 yang menggunakan media powerpoint memiliki rerata yang lebih rendah dibandingkan dengan kelas yang menggunakan media video tutorial. Dengan hipotesis yang ada maka dapat disimpulkan bahwa video tutorial yang digunakan efektif dalam penerapannya.
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN LITERASI KEAGAMAAN Destriani; Rasmini; Amriyadi; Hezi Jeniati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.4 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.645

Abstract

Di era revolusi industri ini dunia industri digital dijadikan sebagai kerangka berpikir pada tatanan kehidupan saat ini. Dalam penelitian ini menjelaskan sangat perlu dalam penanaman pemahaman literasi keagamaan guna mencegah pola berpikir dan bertindak salah dalam memahami informasi mengenai keagamaan, menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian guru Pendidikan agama Islam dan kepala sekolah. Tempat penelitian ini di SMKS 6 Pertiwi Curup berdasarkan hasil temuan lapangan banyaknya siswa SMKS 6 Pertiwi yang mengikuti pengajian keagamaan di daerah masing-masing, dan kesenangan mereka mendengar kajian online dari beberapa ustad kondang yang ada di Instagram dan Youtube guna menjawab problem kehidupan. Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh penulis maka dapat disimpukan dalam upaya guru Pendidikan agama Islam dalam menanamkan pemahaman literasi beragama dengan menggunakan media digital seperti youtube dalam menjawab problem siswa dan menerapkan diskusi kelas dalam membangun wawasan siswa.
UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI BLENDED LEARNING Mujiyono
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.478 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran bahasa inggris melalui blended learning pada siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Subek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Piyungan. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran blended laerning serta dampak peningkatan dalam pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus meliputi empat kegiatan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Blended Learning dapat meningkatkan student well being atau kebahagian siswa dalam pembelajaran, Data menunjukkan siklus I rerata student well being 72,5, meningkat pada siklus II mnejadi 79,16 dengan kategori baik. Penerapaan Blended Learning dapat mengatasi kesulitan siswa selama pembelajaran daring, sehingga kemampuan siswa dalam menguasai tujuan pembelajaran meningkat. Hal ini terlihat dari meningkatnya rerata hasil tes siklus I 64 meningkat menjad 71 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat siklus I 64% dan siklus II 72,2%. Dari hasil analisis dapat disimpulan bahwa penggunaan blended learning dapat meningkatkan student well being khususnya pada pembelajaran jarak jauh.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PGSD Paltiman Lumban Gaol
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.87 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.647

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa secara umum mengalami berbagai masalah dalam mengikuti mata kuliah pembelajaran matemarika SD. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Faktor Kesulitan Belajar Matematika Mahasiswa PGSD. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan dengan pendekatan penelitian pengembangan instrumen dengan analisis faktor eksploratori. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa PGSD Uniera angkatan 2021 berjumlah 38 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan perhitungan data empiris uji coba rata-rata validitas instrumen uji coba sebesar 0,78 reliabilitas instrumen sebesar 0,911. Faktor-faktor kesulitan belajar matematika mahasiswa terdiri dari 12 faktor yaitu; 1) pengaruh psikologi mahasiswa; 2) faktor mahasiswa sering mengantuk; 3) penglihatan mata; 4) bermain hp dengan teman yang suka bolos kuliah; 5) media pembelajaran yang menyebabkan mahasiswa malas belajar; 6) dosen sering marah 7) mahasiswa sering tidak buat tugas; 8) kurang kontrol oleh dosen; 9) Ketidaksediaan ATK mahasiswa; 10) Metode mengajar dosen yang membosankan; 11) Aktivitas belajar yang hanya mencatat sehingga mahasiswa malas dan banyak bermain; 12) kurang kerjasama sesama antar mahasiswa.
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN Istamarra Aditya Aninindya; Eny Enawaty; Rody Putra Sartika; Masriani; Rahmat Rasmawan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.33 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.649

Abstract

Modul berbasis pendekatan saintifik merupakan satu di antara bahan ajar yang dapat menjadi penunjang dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan menentukan kelayakan modul berbasis pendekatan saintifik dan menentukan respon guru terhadap modul berbasis pendekatan saintifik pada materi unsur, senyawa, dan campuran. Subjek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan saintifik pada materi unsur, senyawa, dan campuran untuk kelas VII MTs Negeri Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yang dibatasi hanya sampai tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran. Alat pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan modul dan angket uji respon. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh masing-masing 3 orang dari ahli materi (isi dan penyajian), ahli bahasa, dan ahli grafik serta diujicobakan kepada 6 orang guru IPA kelas VII MTs Negeri Kota Pontianak. Modul berbasis pendekatan saintifik memperoleh nilai kelayakan materi sebesar 96%, kebahasaan 95%, dan kegrafikan 97%. Respon guru terhadap modul berbasis pendekatan saintifik memperoleh skor sebesar 98%. Berdasarkan hasil penelitian, modul berbasis pendekatan saintifik sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dengan respon yang sangat baik.
AKTUALISASI NILAI PAWONGAN DALAM AJARAN TRI HITA KARANA PADA PENGEMBANGAN KOMUNITAS BELAJAR PROFESIONAL BAGI GURU Lalu Hamdian Affandi; I Made Sutajaya; I Wayan Suja
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.643 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v9i1.650

Abstract

Aktualisasi nilai pawongan mencakup semua ranah kehidupan, termasuk pengembangan kompetensi guru melalui komunitas belajar professional. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktualisasi nilai pawongan sebagai fondasi sekaligus orientasi pengembangan komunitas belajar professional. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan menyeleksi, menganalisis, dan mensintesis hasil penelitian yang telah diterbitkan secara online pada jurnal-jurnal ilmiah yang ada. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan tematik. Kajian ini menemukan adanya koherensi antara nilai-nilai pawongan dengan prinsip dan komponen pengembangan komunitas belajar professional bagi guru. Nilai cinta kasih teraktualisasi dalam prinsip kepedulian dan sikap saling percaya. Nilai pengembangan kapasitas berfikir teraktualisasi dalam prinsip inisiatif dan keberanian mengambil resiko, pemecahan masalah, dan pemberian umpan balik. Nilai hormat muncul dalam prinsip penghormatan terhadap martabat dan keragaman manusia. Nilai pengakuan terhadap keragaman mengejawantah dalam prinsip pengakuan serta keterbukaan dan komitmen terhadap tanggung jawab bersama. Nilai komplementasi peran dan status diwujudkan dalam prinsip pengakuan social, komitmen pada visi bersama, serta kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Nilai-nilai cakra yadnya menjadi penopang penting aktualisasi dari semua prinsip di atas.Kajian ini membuka peluang bagi penelitian lebih lanjut untuk menguji temuan penelitian kepustakaan ini berdasarkan data empiris.

Page 1 of 2 | Total Record : 20